Karakter Sederhana 3D di Blender

Membuat Karakter 3D Sederhana

 

Membuat Kepala:

Masukkan gambar refrences yang akan digunakan.

Di awal akan ada kubus maka hapus kemudian Tekan Shift + A (Mesh) lalu klik Plan dan sesuaikan.


Objek plain ini akan ditempatkan di kepala khususnya di bagian mata. Jadi, dirotasikan sumbu Y dan R dengan ketentuan Y 90 derajat. Sesuaikan saja dengan menggunakan rotasi sumbu. Gunakan mode wireframe untuk melihat transparan.


Pastikan titik view point di tengah menggunakan view front (shortcut numpade 1), kemudian masuk ke edit mode, lalu klik S atau scale. Dan tempatkan di bagian bawah mata. Masih di plane, atur plane dengan klik E lalu masuk modifikasi lalu klik Miror.


Lanjut dengan Ekstrude Edge (bagian sisi plane) dan rotasikan plane di bagian bawah amata sampai melingkar. Di bagian akhir agar saling tersambung melingkar tekan F (untuk fill).


Kemudian seleksi bagian lingkaran mata tadi, masuk mode edit lalu klik bagian vertex agar membentuk bagian belakang mata. Dan seleksi vertex lalu geser sedikit ke pinggir ke sumbu y untuk bagian sisi mata.



Lanjut dengan membuat garis di mulut. Klik Face pada mata lalu duplikat dan turunkan ke bawah dekat mulut (taruh bagian atas bibir). Jika menggunakan mirror maka harus menyalakan Clipping agar tersambung (snap).


Buat melingkat dengan mainkan ekstrude dan rotasi. Lakukan seleksi pada bibir untuk bagian depan lakukan persis dengan membuat mata seperti tadi. Hanya saja ini kedepan bukan kebelakang.


Kemudian buat garis hidung, klik face pada mata duplikat dan geser sedikit ke bawah di atas hidung. Buat melingkar ke bawah, sesuaikan lingkar dengan melihat bagian samping agar sesuai. Mainkan Ekstrude dan Rotasi.




Selanjutnya, ekstrude bagian face mata dan gabungkan, setelah itu klik bagian edges tengah (garis) bagian tengah mata itu majukan. Dan klik baagian edges bawah klik F agar tersambung ke garis hidung.




Lalu, Seleksi bagian edges mulut (garis atas) dan klik E langsung klik S.

Kemudian lanjutkan bagian tengah yang masih belum terisi, samakan dengan teknik tadi. Dan bagian depan kita potong dengan klik K + Spasi, tarik ke depan sedikit.  Lakuan bagian pinggir hidung juga untuk membuat potongan.






Kemudian, duplikat face pada mata dan sambungkan geser pada bagian atas mata seperti alis. Gunakan ekstrude dan rotasi. Buat melingkar sampai dagu kemudian penuhi face dengan F.

Setelah itu, seleksi edges mata bagian dalam untuk double eye lalu klik E dan S ke bagian dalam. Bagian bibir pun sama ikuti saja persis seperti mata dan kemudiaan tutup face dengan Fill.





Setelah itu, klik mode objek kepala klik Q (Modifikasi) pilih Subdivision Surface lalu klik Shade Smooth.



 

Kita bisa gunakan Proposional Editing untuk mengatur setiap bagiannya. Dan lakukan secara menyeluruh untuk bagian tengkorak kepala nya.


Tambahkan Mesh klik UV Sphere utnuk bola mata, kemudian lakukan ektrude dan scale


Lanjut bagian leher, seleksi face bagian bawah kepala lalu ekstrude dan scale sesuaikan dengan gambar yang ada.



Selanjutnya, membuat telinga, lilhat bagian samping lalu seleksi face ekstrude dan scale. Kemudian seleksi face kembali bagian depan telanga lalu klik I (insert).





Membuat Rambut:

Pertama Shift + A klik Curve pilih Path


Kemudian lihat bar di samping yaitu Data cari Geometry dan klik bavel nah di Round bagian Depth kita atur sesuai selera.

Lalu, Klik path tadi dengan edit mode pilih setiap vertex untuk di edit.


Selanjutnya, masuk objek mode Shift + A tambahkan Circle.


Nah, saat sudah menambahkan Circle, kita klik objek Path tadi kemudian masuk ke bar di samping pilih Object dan klik BezierCircle.


Tahap selanjutnyaa atur sesuai yang anda inginkan, Path akan secara otomatis mengikuti circle yang sudah di mode BezierCircle. Cara merubah bentuk bisa klik circle masuk mode edit/ Tab, atur vertex disana.



Membuat Badan, Tangan, dan Kaki:

Tambahkan Silinder dengan ketentuan 8 atau 12, ubah tampilan objek ke wireframe kemudian scale  bagian vertex atas untuk leher.




 Masuk ke tool klik mirror. Kemudian Klik R untuk loop Cut bagian leher.



Seleksi 4 face di bagian samping untuk lengan. Setelah itu Loop Cut kembali dengan R



Masih dalam seleksi, klik bagian bar di samping atas yaitu Tools klik Circle.

Seleksi bagian bawah untuk lengan, klik I lalu ekstrud dan scale juga rotasikan.



Seleksi 2 face bagian depan untuk jari, kemudian ekstrude, rotasi, dan scale.


Setelah itu, seleksi bagian face unutuk jari jemari yang lain lalu ekstrude.


lanjut dengan Select cari Select More/Less klik More


Kemudian Duplikat.


Selanjutnya bagian kaki, tambahkan Cube lalu Loop Cut bagian tengah dan seleksi face di bagian bawah dan Scale juga Rotasi.
 

Selanjutnya, seleksi face bagian bawah lalu ekstrude kemudian scale.


Ekstrude kembali, lalu seleksi face bagian depan dan ekstrude lagi



klik Edges, bagian atas kemudian turunkan kebawah sedikit.


Lalu, masuk Modifikasi klik Subdivision Surface.


Membuat Sepatu:

Tambahkan cube

Seleksi Face bagian depan lalu Ekstrude.


Kemudian, Ctrl + R untuk loop cut. 


Seleksi semua face bagian bawah. Klik kanan pilih Ectrude Faces Along Normals.


Setelah itu, Modifikasi pilih Subdivision Surface.


Membuat garis potongan lagi Crtl + R


Seleksi face bagian atas, ekstrude kemudian Insert lalu scale. Setelah itu ekstrude ke bawah/ dalam.



mode objek klik kanan pilih Shade Smooth. Lalu miror kan.



Membuat Celana :

Seleksi beberapa face, kemudian Shift + D. Dan Klik kanan pilih Selection (P).


Masuk mode objek, lalu klik bagian celana masuk mode edit atur scale untuk menyesuaikan bagian celana pada kaki.















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 8: MEMBUAT MOBIL LOW POLY BASIC SEDERHANA DI BLENDER

MODUL 7: MEMBUAT RUMAH LOW POLY DAN HALAMANNYA DI BLEDER

Modul 3 Tutorial Membuat Kursi Sederhana di Blender Bagi Pemula