Membuat Karakter 3D Sederhana
Membuat Kepala:
Masukkan gambar refrences yang akan digunakan.
Di awal akan ada kubus maka hapus kemudian Tekan Shift + A
(Mesh) lalu klik Plan dan sesuaikan.
Objek plain ini akan ditempatkan di kepala khususnya di
bagian mata. Jadi, dirotasikan sumbu Y dan R dengan ketentuan Y 90 derajat. Sesuaikan
saja dengan menggunakan rotasi sumbu. Gunakan mode wireframe untuk melihat
transparan.
Pastikan titik view point di tengah menggunakan view front
(shortcut numpade 1), kemudian masuk ke edit mode, lalu klik S atau scale. Dan
tempatkan di bagian bawah mata. Masih di plane, atur plane dengan klik E lalu
masuk modifikasi lalu klik Miror.
Lanjut dengan Ekstrude Edge (bagian sisi plane) dan rotasikan
plane di bagian bawah amata sampai melingkar. Di bagian akhir agar saling
tersambung melingkar tekan F (untuk fill).
Kemudian seleksi bagian lingkaran mata tadi, masuk mode edit
lalu klik bagian vertex agar membentuk bagian belakang mata. Dan seleksi vertex
lalu geser sedikit ke pinggir ke sumbu y untuk bagian sisi mata.
Lanjut dengan membuat garis di mulut. Klik Face pada mata lalu
duplikat dan turunkan ke bawah dekat mulut (taruh bagian atas bibir). Jika
menggunakan mirror maka harus menyalakan Clipping agar tersambung (snap).
Buat melingkat dengan mainkan ekstrude dan rotasi. Lakukan seleksi
pada bibir untuk bagian depan lakukan persis dengan membuat mata seperti tadi. Hanya
saja ini kedepan bukan kebelakang.
Kemudian buat garis hidung, klik face pada mata duplikat dan
geser sedikit ke bawah di atas hidung. Buat melingkar ke bawah, sesuaikan lingkar
dengan melihat bagian samping agar sesuai. Mainkan Ekstrude dan Rotasi.
Selanjutnya, ekstrude bagian face mata dan gabungkan,
setelah itu klik bagian edges tengah (garis) bagian tengah mata itu majukan.
Dan klik baagian edges bawah klik F agar tersambung ke garis hidung.
Lalu, Seleksi bagian edges mulut (garis atas) dan klik E langsung
klik S.
Kemudian lanjutkan bagian tengah yang masih belum terisi,
samakan dengan teknik tadi. Dan bagian depan kita potong dengan klik K + Spasi,
tarik ke depan sedikit. Lakuan bagian pinggir
hidung juga untuk membuat potongan.
Kemudian, duplikat
face pada mata dan sambungkan geser pada bagian atas mata seperti alis. Gunakan
ekstrude dan rotasi. Buat melingkar sampai dagu kemudian penuhi face dengan F.
Setelah itu,
seleksi edges mata bagian dalam untuk double eye lalu klik E dan S ke bagian
dalam. Bagian bibir pun sama ikuti saja persis seperti mata dan kemudiaan tutup
face dengan Fill.
Setelah itu, klik mode objek kepala klik Q (Modifikasi)
pilih Subdivision Surface lalu klik Shade Smooth.
Kita bisa gunakan Proposional Editing untuk mengatur setiap bagiannya.
Dan lakukan secara menyeluruh untuk bagian tengkorak kepala nya.
Tambahkan Mesh klik UV Sphere utnuk bola mata, kemudian
lakukan ektrude dan scale
Lanjut bagian leher, seleksi face bagian bawah kepala lalu
ekstrude dan scale sesuaikan dengan gambar yang ada.
Selanjutnya, membuat telinga, lilhat bagian samping lalu seleksi face ekstrude dan scale. Kemudian seleksi face kembali bagian depan telanga lalu klik I (insert).
Membuat Rambut:
Pertama Shift + A klik Curve pilih Path
Kemudian lihat bar di samping yaitu Data cari Geometry dan klik bavel nah di Round bagian Depth kita atur sesuai selera.
Lalu, Klik path tadi dengan edit mode pilih setiap vertex untuk di edit.
Selanjutnya, masuk objek mode Shift + A tambahkan Circle.
Nah, saat sudah menambahkan Circle, kita klik objek Path tadi kemudian masuk ke bar di samping pilih Object dan klik BezierCircle.
Tahap selanjutnyaa atur sesuai yang anda inginkan, Path akan secara otomatis mengikuti circle yang sudah di mode BezierCircle. Cara merubah bentuk bisa klik circle masuk mode edit/ Tab, atur vertex disana.
Membuat Badan, Tangan, dan Kaki:
Tambahkan Silinder dengan ketentuan 8 atau 12, ubah tampilan objek ke wireframe kemudian scale bagian vertex atas untuk leher.
Masuk ke tool klik mirror. Kemudian Klik R untuk loop Cut bagian leher.
Seleksi 4 face di bagian samping untuk lengan. Setelah itu Loop Cut kembali dengan R
Masih dalam seleksi, klik bagian bar di samping atas yaitu Tools klik Circle.
Seleksi bagian bawah untuk lengan, klik I lalu ekstrud dan scale juga rotasikan.
Seleksi 2 face bagian depan untuk jari, kemudian ekstrude, rotasi, dan scale.
Setelah itu, seleksi bagian face unutuk jari jemari yang lain lalu ekstrude.
lanjut dengan Select cari Select More/Less klik More
Kemudian Duplikat.
Selanjutnya bagian kaki, tambahkan Cube lalu Loop Cut bagian tengah dan seleksi face di bagian bawah dan Scale juga Rotasi.
Selanjutnya, seleksi face bagian bawah lalu ekstrude kemudian scale.
Ekstrude kembali, lalu seleksi face bagian depan dan ekstrude lagi
klik Edges, bagian atas kemudian turunkan kebawah sedikit.
Lalu, masuk Modifikasi klik Subdivision Surface.
Membuat Sepatu:
Tambahkan cube
Seleksi Face bagian depan lalu Ekstrude.
Kemudian, Ctrl + R untuk loop cut.
Seleksi semua face bagian bawah. Klik kanan pilih Ectrude Faces Along Normals.
Setelah itu, Modifikasi pilih Subdivision Surface.
Membuat garis potongan lagi Crtl + R
Seleksi face bagian atas, ekstrude kemudian Insert lalu scale. Setelah itu ekstrude ke bawah/ dalam.
mode objek klik kanan pilih Shade Smooth. Lalu miror kan.
Membuat Celana :
Seleksi beberapa face, kemudian Shift + D. Dan Klik kanan pilih Selection (P).
Masuk mode objek, lalu klik bagian celana masuk mode edit atur scale untuk menyesuaikan bagian celana pada kaki.
Komentar
Posting Komentar