MODUL 7: MEMBUAT RUMAH LOW POLY DAN HALAMANNYA DI BLEDER

 Membuat Rumah Low Poly dan Halamannya Sederhana di Blender


Di sini kita akan membuat rumah sederhana dan halamannya. Kita akan memulai dengan membuat rumahnya terlebih dahulu, kemudian nanti dilanjut dengan pembuatan yang lainnya seperti pohon, pagar dan pet house.


MEMBUAT RUMAH :

  • Buka Blender, tampilan awal sudah ada kubus langsung eksekusi dengan select kubus tersebut, masuk 'Mode Edit' . Pilih muka kubus bagian atas lalu klik 'Move' tarik ke atas untuk memanjangkan. 


  • Kemudian ganti 'Edit Mode' ke vertex untuk select titik/ dot point. Klik dua titik di ujung kubus bagian depan lalu klik M untuk 'Merge' klik 'At Center' pada muka kubus bagian atas. Lakukan hal yang serupa juga pada titik kubus di bagian belakang.


  • Setelah sudah jadi, klik muka bagian atas sambil tahan Shift, kemudian klik P dan pilih 'Selection'. Maka akan secara otomatis bagian muka yang di select tadi akan terpisah dengan kubus bagian bawahnya.


  • Tetap masih di select bagian atas, Klik S untuk 'Scale' dan perbesar sedikit. Atur dengan kubus bagian bawah.


  • Dan cari 'Face' pada menu bar atas, pilih 'Extrude Faces along Normals' .

  • Masih dalam tetap seleksi, kemudian seleksi garis bagian atas sebagi atap itu, ubah ke 'Mode Edit' ke 'Edges'. Seleksi garis dan klik ctrl + B lalu tarik sedikit.



  • Masih dengan seleksi di bagian atas, lihat menu 'Bavel' ubah segments menjadi 4.

  • Kemudian seleksi kedua bagian tepi atap bagian bawah sambil tahan Shift, dan benahi dengan 'Move'.

  • Selanjutnya membuat cerobong, 'Add' pilih 'Cube' atau Shift + A pilih Kubus. Atur besar kecil kubus dengan 'Scale' setelah itu klik S dan Z untuk meninggikan ini berlaku dengan menyesuaikan arah X, Y, atau Z.



  • Seleksi seleksi muka bagian atas dan klik I tarik seuaikan, masih seleksi bagian muka atas lalu di klik E tarik ke atas sedikit.



  • Lalu, masih dalam seleksi bagian atas cerobong tadi kita klik I untuk membuat tepian kembali. Dan klik E tarik ke bawah sedikit.


  • Setelah itu, masuk 'Mode Object' kemudian geser dengan 'Move' objek cerobong asap tadi ke atas atap bagian rumah susaikan saja.

  • Selanjutnya, seleksi rumah dan edit. Buat potongan atau garis pemisah secara horizontal dengan 'Loop Cut' di bagian bawah. Lalu seleksi bagian muka kubus yang telah di 'Loop Cut' tadi dengan tahan Shift dan klik E dan S tarik mouse ke dalam.



  • Shift + A untuk menambahkan kubus. Kemudidan atur skala, buat menjadi persegi panjang karena untuk pintu. Geser dan sesuaikan dengan 'Scale' dan 'Move'.



  • Pilih objek pintu kemudian 'Loop Cut', bagi menjadi 4 bagian garis atas bawah dan kanan kiri.  Setelah itu, select muka bagian tengah yang tidak di 'Loop Cut' dan klik E tarik ke dalam (kalau mouse didorong maju)



  • Tambahkan kubus kembali untuk jendela. Shift + A , klik 'Cube'.  Lalu geser dengan 'Move' dan sesuaikan kepipihan nya.



  • Lanjut, dengan memotong 'Loop Cut' ctrl + R menjadi 6 bagian garis pada jendela, atas bawah kanan kiri dan bagian tengah 2 garis. Select bagian kedua muka bagian tengan jendela sembari tahan Shift dan klik E mundurkan (tarik maju pada mouse) .




  • Ubah ke 'Mode Object' kemudian pilih objek jendela tadi dan duplikat ctrl + D dan geser menyesuaikan saja dengan 'Move'.


  • Setelah itu, select permukaan sisi pintu bagian atas lalu klik E dan 'Move' ke bawah sedikit

  • Kemudian, tambahkan kubus lagi untuk membuat ventilasi. Shift + A klik 'Cube' sesuaikan kepipihan dan ketebalan dengan 'Move'. Lalu, geser-geser hingga ke atas jendela. 'Loop Cut' menjadi beberapa bagian di sini saya menggunakan 6 garis pemotong. Setelah itu, select bagian muka (select-tidak-select-tidak) klik E mundurkan.


  • Selanjutnya, tambahkan Cylinder untuk gagang pintu. 'Add' , pilih 'Cylinder'. Atur skala dan 'Rotate'. Arahkan ke pintu/ tempelkan pada pintu dan sesuaikan dengan 'Move'.


  • Buat 3 garis 'Loop Cut' di bagian bawah rumah. Secara vertikal 2 kanan dan kiri, dan horizontal 1 garis . Seleksi muka pada bagian paling bawah dan klik E tarik.


  • Hasil akhir membuat rumah.


Membuat Pagar :

Selanjutnya kita akan membuat pagar yang sederhana dan mudah.

  • 'Add', pilih 'Cube' kemudian Scale dan perkecil, panjangkan klik S dan Y (tergantung arah yang di pojok kanan atas).  Duplikat 'Shift + D' dan sejajarkan di bawahnya dengan lurus.


  • Tambah Kubus, atur skala untuk memipihkan dan ketebalan menggunakan 'Move' , lalu geser dekatkan ke dua kubus yang dipanjangkan tadi.


  • Setelah itu, select permukaan atas kubus (yang mrnjadi papan pagar) kemudian klik ctrl + B sesuaikan lengkungan.

  • Masuk ke 'Mode Object' lalu pilih papan pagar  kemudian 'Add Modifier' pilih 'Array'.


  • Ubah 'Count' menjadi 10, 14, 20 tergantung panjang/ lebarnya dua tiang yang dibelakang tadi. Ini akan secara otomatis menduplikat sesuai dengan 'Count' yang kita isi tadi.


  • Lanjut, masuk 'Mode Object' kita geser atau pindah kan dengan 'Move' dan sesuaikan dengan rumahnya. Duplikat pagar untuk bagian belakang dan sebelah kanan, gunakan 'Rotate' untuk yang bagian belakang.

  • Jika kelebihan papan pagarnya, kita bisa edit atau kurangi jumlah 'Count' di 'Modifier' tadi.

  • Karena bagian belakang papan pagarnya belum terseleksi, maka kita klik keduanya sembari tahan Shift, kemudian ganti ke 'Mode Edit' setelah itu seleksi bagian kedua muka ujung lalu dorong kebelakang atau klik S dan Y sampe ketutup oleh papan pagarnya. Untuk yang kelebihan bisa lakukan hal yang sama ya.





Membuat Pohon :

Sekarang kita bagian membuat pohon yang sederhana.

  • Tambahkan kubus Shift + A , pilih 'Cube' sesuaikan besar kecilnya menggunakan Scale kemudian masuk 'Edit Mode' (Select Vertex) pilih seluruh muka kubus dengan dengan select salah satu muka tersebut klik A untuk keseluruhan permukaan kubus terseleksi. Lalu klik M dan pilih 'At Center'. Maka nanti akan ada satu titik point/ vertex di sana.


  • Jika ada satu titik atau vertex, klik vertex tersebut dan klik E untuk menambahkan vertex atau titik lain sehingga titik atau vertex yang sebelumnya akan terhubung oleh suatu garis ke titik/ vertex yg dibuat baru tadi. Tujuan ini utnuk membuat dahan dan bagian kayu pada pohon. Kemudian, masuk ke 'Object Mode' lalu 'Add Modifier' cari 'Skin'.

  • Setelah klik 'Skin' maka akan otomatis objek menjadi berisi dan gemuk. Untuk melihat vertex-vertex nya jika ingin di edit atau diperbesar kecil bisa klik alt + Z nah jadi warna fill nya tidak begitu pekat. Vertex terlihat.  Atur bagian ranting maupun badan si pohon dengan seleksi vertex lalu klik ctrl + A tarik perlahan untuk memperbesar kecilkan.

  • Tambahkan 'UV Sphere' atur skala, dan atur juga UV Sphere ini di bagian bar ketentuan objek di bagian pojok kiri bawah, atur jumlah 'Subdivisions' dan 'Radius'. Tujuan objek ini untuk daun-daun si pohonnya.

  • Bisa duplikat Shift + D, UV Sphere tadi. Atau bisa buat ulang sebanyak yg diinginkan. Lakukan dengan cara yang sama. Gunakan 'Move' untuk perpindahan.


  • Tempatkan pohon tadi ke dekat sebelah rumah yang sudah dibuat, dengan masuk 'Object Mode' seleksi semua objek-objek pada pohon lalu 'Move'. Ini Hasilnya.


Membuat Pet House :

Langkah selanjutnya membuat rumah untuk hewan peliharaan yang di simpan di luar rumah.

  • Tambahkan kubus, Shift + A. Lalu Scale klik S untuk besar kecilnya. Kemudian, 'Loop Cut' bagian tengah kubus.



  • Ganti ke mode 'Vertex Mode' seleksi titik-titik di bagian atas kubus. Lalu 'Move' kebagian atas.


  • Seleksi muka atas bagian atap lalu klik P dan pilih 'Selection'. Dan atur skala pada atap dengan klik S.


  • Masih terseleksi bagian atas, kita klik E tarik ke atas.

  • Tambahkan kubus Shift + A, lalu pilih 'Cube' dan klik ctrl + 3.



  • Jangan lupa, tambahkan garis perpotongan pada kubus yang di dalamnya berbentuk seperti lingkaran itu. 



  • Buat perpootongan dengan 'Loop Cut' ctrl + R horizontal di bagian bawah dan vertikal di bagian depan belakang.

  • Pilih objek dan 'Add Modifier' pilih 'Boolean'.


  • Pilih objek (untuk lubang) klik X dan enter.


  • Seleksi semua objek Pet House dan geser dengan 'Move' dekatkan pada samping rumah dan gunakan 'Rotate' untuk menyesuaikan arah.


Hasil keseluruhan :






```````

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 8: MEMBUAT MOBIL LOW POLY BASIC SEDERHANA DI BLENDER

Review Film Animasi Terbaik dan Populer Ratatouille 2007 (Film)

Modul 3 Tutorial Membuat Kursi Sederhana di Blender Bagi Pemula